Off Canvas

 

10 Cara Mengembalikan Keseimbangan pH Tubuh Anda

keseimbangan ph tubuh 

Apa itu keseimbangan pH tubuh dan bagaimana cara menjaganya agar tetap dalam level yang sehat? Lanjtkan baca artikel ini untuk mendapatkan tips-tips terbaiknya.

 

Mengapa menjaga level pH yang sehat itu penting?

Belajar untuk mengembalikan keseimbangan pH tubuh kembali ke kondisi normal ketika tubuh menjadi terlalu asam dapat membuat anda tetap berada pada kesehatan yang optimal. Hal ini dikarenakan bakteri dan virus umumnya bertahan hidup dalam lingkungan yang bersifat asam.

Jadi inilah 10 tips bagaimana menyeimbangkan level pH tubuh anda:

 

1. Lakukan test keseimbangan pH tubuh

test ph tubuh 

Dalam rangka untuk mengembalikan keseimbangan pH tubuh, pertama-tama anda harus mengetahui seberapa asam tubuh anda. pH tubuh normal berada pada kisaran 7.35-7.45 pada skala pH, yaitu bersifat netral dan agak sedikit ke arah alkali.

Keseimbangan pH tubuh yang sehat mencegah pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit di dalam tubuh. Pada dasarnya ini merupakan pengukuran terhadap level asam dan basa di dalam tubuh anda.

Jika anda makan terlalu banyak junk food dan sering minum alkohol atau minuman bersoda, level tingkat keasaman tubuh kemungkinan besar akan naik.

Meskipun melakukan cek darah dan checkup fisik secara teratur sangatlah disarankan, namun anda tidak harus pergi ke rumah sakit atau klinik untuk tahu jika tubuh anda terlalu asam.

Anda dapat mengukur level pH anda menggunakan pH strips. Hasilnya dapat diketahui setelah 15 menit setelah anda menjalankan test tersebut.

 

2. Beralihlah minum air putih yang bersifat alkali

air alkali

Mungkin, salah satu hal yang paling baik dan paling mudah dilakukan untuk turut membantu menjaga keseimbangan pH tubuh adalah beralih ke minum air putih yang bersifat alkali. Ketika pola hidup dan pola makan anda tidak benar, maka tingkat keasaman tubuh akan meningkat dan level alkali tubuh akan menurun sehingga tubuh akan mengalami ketidakseimbangan pH.

Untuk mencegah hal tersebut, beralihlah ke minum air putih yang memiliki pH yang baik dan bersifat alkali. Dikarenakan air putih alkali memiliki kandungan mineral-mineral yang bersifat mengalkalisasi tubuh, perubahan kecil seperti ini dapat turut berkontribusi dalam membantu merestorasi keseimbangan level pH tubuh anda.

Selain itu air alkali juga membantu dalam proses pengeluaran toksin yang merupakan dampak dari stress akibat radikal bebas.

Air distilasi, air suling atau air R.O. (Reverse Osmosis) mungkin bersih, tapi level pH nya sendiri cenderung bersifat asam. Sifat air distilasi, air suling dan air RO ini dapat dengan cepat menyerap karbon dioksida, sehingga membuat derajat keasamannya menjadi lebih tinggi lagi.

Tips: Pilihlah alat penghasil air putih yang bersifat alkali yang bagus dan berkualitas untuk dipasang di rumah anda sehingga anda dan keluarga bisa menikmati air putih yang baik bagi tubuh ini setiap harinya. Mesin air alkali Kangen Water seperti Leveluk SD501 dapat anda jadikan pilihan sebagai mesin penghasil air minum alkali harian di rumah anda.

 

3. Minum lemon infused water

lemon infused water 

Anda mungkin berpikir bahwa lemon dapat membuat tubuh menjadi lebih bersifat asam. Namun sebetulnya hal kebalikannyalah yang terjadi karena lemon dapat meningkatkan proses metabolisme anda dan ketika lemon dimetabolismekan oleh tubuh, ia bersifat alkali.

Cara terbaik untuk memulai hari anda adalah minum segelas lemon infused water dingin. Ia akan membantu meningkatkan ketajaman mental anda, mempercepat proses metabolisme, menghidrasi tubuh, dan tentu saja menjaga level pH yang sehat.

Tambahan lainnya, sedikit lemon infused water adalah apa yang hati anda butuhkan untuk memproduksi enzim alami yang akan menyingkirkan toksin seperti asam urat. Lemon infused water bekerja sebagai detoksifkasi alamiah. 

Penelitian dari situs Pubmed menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada jus lemon kemungkinan memiliki efek protektif pada hati. 

 

4. Makan yang sehat

Jika anda bertanya-tanya bagaimana caranya untuk membuat keseimbangan pH anda kembali ke normal, barangkali anda harus mulai untuk membuat pilihan makanan yang lebih sehat. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan sampah membuat hati anda bekerja lebih keras. Dan hasilnya tubuh akan menyimpan asam urat sehingga hal tersebut daapt mempengaruhi level pH tubuh.

Gabungkanlah sayur-sayuran hijau yang rendah kalori namun kaya nutrisi dalam menjalankan diet alkali anda. Namun, jangan menyalahkan diri sendiri jika Anda tidak dapat mengumpulkan tekad untuk mengikuti diet ketat.

Secara mendadak mengganti menjadi menjalankan diet alkali dari pola makan yang biasa dapat membuat tubuh menjadi stress. Stress juga dapat berkontribusi terhadapa sifat asam tubuh. 

Jika anda ingin makanan harian anda menjadi lebih bersifat alkali, mulailah sedikit demi sedikit dulu.

Anda tidak perlu menyiksa diri sendiri untuk berkomitmen menjalankan diet sehat dengan pH seimbang langsung saat itu juga. Yang harus anda lakukan adalah mencoba menjelajahi berbagai resep yang menggunakan bahan baku sayuran hijau.

Secara bertahap tambahkan makanan yang bersifat alkali dalam menu makanan harian anda dan di saat yang bersamaan batasi konsumsi makanan yang bersifat asam. Dengan cara ini, sistem pencernaan anda memiliki waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri dan menerima kebiasaan makan yang baru ini.

Siapkanlah makanan ini lebih awal dan bawalah bekal makanan ini kala anda pergi bekerja. Dengan cara demikian, anda punya alasan untuk menghindari mengunjungi restoran fast food favorit anda.

 

5. Berolahragalah lebih sering

Berolaharaga merupakan cara yang tepat untuk membantu menyeimbangkan level pH tubuh. Aktivitas fisik melibatkan otot-otot anda dan mengeluarkan kelebihan asam di dalam tubuh.

Anda tidak harus berkomitmen untuk menjalankan program bodybuilding selama 2 jam penuh. Melakukan olahraga sederhana selama 30 menit namun secara rutin saja akan membantu memberikan efek positif terhadap keseimbangan level pH tubuh anda.

Jika anda bukan tergolong orang yang suka berolahraga menggunakan dumbell dan barbell, pilihlah melakukan aktivitas berolahraga yang anda sukai. Sebagai contoh, berjalan kaki, menari, main voli, basket, badminton, bersepeda, lari, dll adalah contoh aktivitas olahraga yang menyenangkan dan memicu tubuh untuk berkeringat. Cobalah berketetapan untuk berolahraga paling tidak selama 30 menit setiap harinya.

Tips: Bergeraklah sebanyak mungkin yang anda bisa. Perubahan kecil dalam rutinitas harian sifatnya sangat efektif. Sebagai contoh anda dapat berjalan kaki mengelilingi kantor setiap beberapa jam untuk membuat darah anda mengalir. Anda juga dapat menggunakan tangga ketimbang naik lift ketika anda butuh untuk naik beberapa lantai.

 

6. Kurangi konsumsi alkohol

tidak minum alkohol 

Jika anda ingin menjaga keseimbanga pH tubuh yang sehat, maka anda butuh untuk mengurangi konsumsi alkohol. Konsumsi alkohol memiliki dampak negatif terhadap level pH tubuh dengan jalan membatasi fungsi ginjal dalam menyaring racun sehingga berpotensi untuk terbentuknya batu ginjal.

Katakanlah anda sedang minum-minuman bersama teman-teman anda pada malam minggu. Anda tak hanya minum alkohol saja, tapi juga jus, air, dan bahan-bahan lain yang dicampurkan ke dalam minuman anda, yang akan berdampak terhadap pH darah.

Normalnya, ginjal dapat membersihkan air dan hal-hal lain apapun yang melewati ginjal tersebut. Namun karena anda minum alkohol, ginjal tidak dapat memproses semua cairan yang anda konsumsi. Hal ini membuat terjadinya kelebihan cairan yang mengubah level fosfat dan keasaman darah. Ingatlah bahwa minum satu sloki kecil alkohol saja akan berdampak negatif terhadap fungsi ginjal anda.

Anda tak harus benar-benar lepas dari alkohol jika anda memiliki kebiasaan mengkonsumsinya. Cobalah membatasinya atau menguranginya secara bertahap sebisa mungkin agar anda tidak mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

Singkat kata, jika anda mengkonsumsi alkohol, minum secukupnya saja. Lagipula anda tidak harus meracuni diri sendiri setiap kali anda kumpul-kumpul bersama teman-teman anda bukan?

 

7. Batasi asupan makanan yang bersifat asam

Jika anda berada pada posisi kurang baik pada diagram keseimbangan pH, maka disarankan untuk membantasi konsumsi makanan yang bersifat asam. Ketika asam urat meningkat, hati akan bekerja sangat keras untuk membersihkan semuanya. Selain cobalah untuk mengkonsumsi lebih banyak sayur-sayuran dan dedaunan hijau, anda juga harus menghindari sebisa mungkin makanan berikut:

  • Kue
  • Makanan manis
  • Junk food
  • Telur
  • Makanan kaleng
  • Makanan olahan
  • Makanan cepat saji
  • Gorengan 

 

8. Konsumsi multivitamin

Cukup sulit untuk mendapatkan semua vitamin dan nutrisi hanya dari makanan harian yang kita makan. Itulah sebabnya anda butuh untuk mengkonsumsi suplemen dan multivitamin.

Barangkali, salah satu vitamin yang paling penting adalah vitamin D karena ia memegang peranan penting dalam menjaga level pH tubuh anda. Selain itu vitamin D juga meningkatkan proses penyerapan kalsium serta membantu tubuh mempertahankan mineral-mineral vital lainnya. 

Selain vitamin D, anda juga membutuhkan vitamin A dan C yang mencukupi. Suplemen yang mengalkalisasi ini akan meningkatkan sistem imun tubuh, yang mencegah radikal bebas mempengaruhi level alkalinitas dalam tubuh anda.

 

9. Konsumsilah probiotik

Apa itu probiotik? Probiotik adalah bakteri hidup yang menghasilkan berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Mikroorganisme ini membantu dalam menjaga kesehatan usus yang baik, menangkal jamur vagina, meningkatkan sistem imun dan menyeimbangkan level pH.

Wanita dapat menggunakan probiotik untuk merestorasi keseimbangan pH vagina. Mengatur level asam dan basa dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri di bagian intim kewanitaan.

Anda dapat mengkonsumsi probiotik dengan mengkonsumsi makanan seperti yogurt, tempe, kimchi, miso dan kombucha. Anda juga dapat bertanya kepada dokter tentang penggunaan probiotik untuk mengembalikan keseimbangan pH. 

 

10. Kendalikan stress

mengendalikan stress 

Minum air alkali seperti air alkali Kangen Water serta mengkonsumsi sayur-sayuran dapat membantu menurunkan level asam tubuh, namun hal ini tidaklah cukup jika anda selalu merasa stress dan cemas.

Orang yang sering mengalami rasa cemas dan stress cenderung untuk mengalami gejala-gejala terkait acid refluk dan GERD.

Apa itu GERD? GERD merupakan singkatan dari gastroesophageal reflux disease. Ini merupakan suatu kondisi dimana bagian bawah dari esophageal sphincter atau otot di antara perut dan kerongkongan tidak dapat menutup secara benar, sehingga mengakibatkan asam lambung untuk naik kembali ke atas saluran GI.

Untuk menjaga level pH yang seimbang, anda harus mampu mengatur stress dan dapat merilekskan tubuh anda. Dipijat secara rutin, belajar meditasi, mengambil cuti liburan, dan belajar teknik pernapasan yang dalam mungkin dapat membantu dalam mengatasi stress dan rasa cemas.

Jika anda terlalu sibuk melakukan hal-hal ini, anda dapat mulai mengambil jeda istirahat singkat antar setiap pekerjaan dan mengambil segelas dua gelas air alkali Kangen Water ataupun mencoba tidur sejenak.

Melakukan hobi kecil seperti membaca, memulai proyek seni, dan bahkan bersih-bersih rumah juga dapat membantu otak untuk lepas dari penyebab stress.

 

Demikianlah beberapa tips sederhana yang dapat menambah pengetahuan anda dalam menjaga keseimbangan pH tubuh yang sehat. Ingatlah bahwa rahasia untuk secara sukses dapat menyeimbangkan level asam dan basa tubuh serta menjaga level pH tubuh yang sehat terletak pada komitmen untuk menjalankan pola hidup yang sehat.

Jangan lupa, bantu jalani pola hidup yang sehat dengan minum air putih yang baik dan berkualitas tinggi pula seperti air putih alkali Kangen Water Enagic Indonesia

News

Bahaya Makanan Yang Bersifat Asam

Bahaya Makanan Yang Bersifat Asam

makanan yang bersifat asam 

Makanan yang bersifat asam sebenarnya tidak berbahaya jika dikonsumsi secara seimbang dan dalam jumlah yang tepat. Tubuh manusia membutuhkan keseimbangan pH dalam tubuh untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh yang normal. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang bersifat asam, ini dapat berdampak negatif pada tubuh.

Beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh konsumsi makanan yang bersifat asam secara berlebihan antara lain:

  1. Merusak gigi: Makanan yang bersifat asam dapat merusak enamel gigi dan memicu kerusakan gigi dan masalah gigi lainnya. Ini terjadi karena asam dapat menurunkan pH di dalam mulut dan memicu pertumbuhan bakteri yang merusak gigi.

  2. Meningkatkan risiko osteoporosis: Asam dapat memicu peningkatan produksi asam dalam tubuh, yang kemudian dapat menyebabkan hilangnya kalsium dan mineral tulang lainnya. Akibatnya, konsumsi makanan yang bersifat asam secara berlebihan dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan masalah tulang lainnya.

  3. Meningkatkan risiko penyakit jantung: Konsumsi makanan yang bersifat asam dapat memicu produksi asam dalam tubuh dan menyebabkan peradangan. Ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

  4. Menyebabkan gangguan pencernaan: Konsumsi makanan yang bersifat asam secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti asam lambung dan refluks asam.

  5. Menyebabkan kulit kusam: Asam dapat memicu peradangan dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan. Ini dapat memengaruhi kulit dan membuatnya tampak kusam dan tidak sehat.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan yang seimbang, termasuk makanan yang bersifat alkali dan minum air putih yang bersifat alkali seperti Kangen Water. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang bersifat asam secara berlebihan dan lakukan gaya hidup sehat seperti berolahraga dan menghindari stres untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

 

PUSAT BANTUAN CEPAT

Butuh informasi cepat mengenai Kangen Water? Silakan hubungi kami pada nomor kontak yang tertera di website ini ataupun melalui whatsapp, kami siap membantu anda.

 

Office Address:

Kangen Water Indonesia
Showroom Mesin Kangen Water
Jl. Jend. Sudirman Kav. 26, Jakarta 12920
Indonesia.

Contact Kangen Water Indonesia

HP/Telp : 0813.5678.6770 

J126
Z206
O 9