Off Canvas

 

Makanan Tinggi Sifat Alkali Yang Bagus Untuk Dikonsumsi

daftar makanan alkali 

Makan bersifat alkali adalah berbagai jenis makanan yang kaya akan sifat alkali, dimana jenis makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi dan disarankan untuk menjadi bagian dari pola makan sehat anda.

Catatan: Jika anda menemukan kata Potential Renal Acid Load (PRAL), artinya adalah potensi sifat asam yang diproduksi oleh makanan ketika ia dicerna. Jika ia bernilai + (positif) maka ia akan bersifat asam, dan sebaliknya jika ia bernilai - (negatif), maka ia akan semakin bersifat alkali. 

Dalam hal makanan yang memiliki sifat alkali, semakin tinggi nilai negatif dari PRAL (Potential Renal Acid Load), maka semakin bersifat alkali pula makanan tersebut.

 

Berikut ini kami berikan 15 makanan yang tinggi sifat alkalinya.

1. Daun bit

daun bit

Daun bit mungkin bukan merupakan makanan yang biasa anda temukan dalam sayuran hijau dalam diet anda, namun tahukan anda bahwa sayur bit memliki skor alkalinitas sebesar -16.7 berdasarkan perhintungan PRAL (Potential Renal Acid Load)? Daun bit ini juga memiliki kualitas rasa pahit yang dapat membantu menstimulasi produksi empedu untuk proses pencernaan lemak yang lebih baik. 

Anda dapat menambahkan daun bit sebagai bahan untuk membuat smoothies sayuran hijau. Selain itu daun bit juga bagus sebagai pengganti sayuran hijau lain ketika anda sedang membuat salad.

 

2. Bayam

Bayam dikenal bermanfaat baik bagi tulang karena ia mengandung kalsium. Selain itu, bayam memiliki skor alkali sebesar -11.8 PRAL, yang membuatnya sebagai sayuran yang menjanjikan untuk ditambahkan ke dalam diet alkali anda. 

Ada berbagai cara yang lezat untuk mengkonsumsi bayam, baik itu dijadikan dalam menu makanan anda ataupun dijadikan sebagai bahan untuk membuat jus atau smoothie. Anda dapat mengkombinasikan daun bit dan bayam bersama-sama untuk menghasilkan smoothie yang tinggi sifat alkalinya untuk dikonsumsi di pagi hari.

 

3. Kale

Kale secara alamiah kaya akan vitamin K, kalsium dan zat besi yang semuanya diketahui sangat bagus dalam melindungi tubuh anda dari berbagai tipe kanker. Selain dari nutrisi-nutrisi yang dikandung kale ini, sayur kale juga memiliki sifat alkali yang tinggi, dengan skor -8.3 PRAL.

Kale memiliki rasa yang ringan. Sayur kale dapat menjadi tambahan sempurna bagi resep makanan sehat seperti salad ataupun sup.

 

4. Daun Swiss Chard

swiss chard

Daun swiss chard merupakan sayuran hijau lainnya yang dapat anda tambahkan ke dalam daftar makanan yang bersifat alkali anda. Dedaunan hijau swiss chard ini juga kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin K, yang mendukung dalam kesehatan sel-sel tubuh.

Keitka dimetabolismekan, swiss chard memiliki skor alkalinitas sebesar -8.1 PRAL. Daun swiss chard ini dapat menjadi bungkus selada yang sempurna untuk resep yang membutuhkan tortilla atau roti gandum.

 

5. Pisang

Pisang dikenal akan kandungan potasiumnya yang membantu dalam menurunkan level tekanan darah dan mendukung kekuatan otot dan tulang serta kesehatan kardiovaskular. Selain itu pisang juga tinggi akan kandungan seratnya yang baik dalam membantu proses pencernaan serta membuang racun yang ada di saluran penceranaan.

Pisang memiliki skor alkalinitas sebesar -6.9 PRAL. Anda dapat mengkonsumsi pisang dengan berbagai cara, baik itu dimakan langsung, dijadikan jus, smoothies ataupun direbus. 

 

6. Ubi jalar

ubi jalar

Ubi jalar memiliki skor alkalinitas sebesar -5.6 PRAL. Selain itu ubi jalar juga kaya akan serat yang membatu dalam fungsi pencernaan dan membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. 

Secara sederhana anda dapat memanggang ubi jalar ataupun makan ubi jalar goreng.

 

7. Seledri

Seledri kaya akan kandungan air. Sayur seledri ini dapat bertindak sebagai pembersih alami yang dapat mengeluarkan toksin dari dalam tubuh anda. Selain itu seledri juga merupakan makanan dengan kalori negatif, yang artinya dibutuhkan lebih banyak kalori untuk mencernanya ketimbang kalori yang dikandung makanan tersebut.

Seledri memiliki skor alkalinitas sebesar -5.2 PRAL. Seledri bagus digunakan sebagai tambahan smoothie sayuran ataupun untuk membuat jus detok sayuran.

 

8. Wortel

Wortel terkenal akan kandungan vitamin A nya yang tinggi yang bagus dalam mendukung kesehatan mata.

satu takaran gelas wortel (250ml) mengandung 300% asupan beta-karoten yang direkomendasikan setiap hari, serta mengandung antioskidan yang bagus bagi kesehatan kulit dan membantu mencegah kanker. 

Wortel memiliki skor -4.9 PRAL dari sisi alkalinitasnya. Anda dapat mengkonsumsi wortel baik dijadikan sup, potongan salad, ataupun dijus.

 

9. Kiwi

Kiwi kaya akan vitamin C. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat memperkecil resiko terkena masalah kesehatan dan ia juga membantu memperkuat pertahanan alamiah tubuh.

Kiwi juga mengandung potasium yang bagus dalam memperlancar kinerja otot serta kandungan serat pada buah kiwi dapat melancarkan proses pencernaan.

Kiwi memiliki skor -4.1 PRAL dalam sisi kealkaliannya. Anda dapat menambahkan buah kiwi pada salad atau smoothies, atau anda dapat mengkonsumsinya secara langsung.

 

10. Kembang kol

kembang kol

Kembang kol memiliki indole-3-carbinol (atau I3C), yaitu nutrisi yang menyeimbangkan level estrogen ketika ia terlalu tinggi. Ia juga membantu dalam mencegah kemandulan, mencegah kanker reproduksi, perut kembung dan kenaikan berat badan.

Kembang kol memiliki level alkalinitas sebesar -4.0 PRAL. Kembang kol umumnya banyak digunakan sebagai bahan di berbagai resep-resep makanan sehat, baik dimakan mentah sebagai lalapan maupun untuk membuat sayur sop juga rasanya enak.

 

11. Cherry

Cherry merupakan salah satu sumber terbaik antosianin, yaitu sejenis antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker.

Situs Pubmed juga mengatakan bahwa buah cherry memiliki kemampuan dalam pencegahan penyakit kardiovaskular dan membantu meredakan peradangan yang berhubungan dengan arthritis serta sakit pada persendian.

Cherry memiliki skor alkalinitas sebesar -3.6 PRAL. Anda dapat memblender cherry untuk dikonsumsi sehabis berolahraga untuk menetralisir sifat asam di dalam tubuh setelah tubuh berolahraga.

 

12. Terong

terong

Terong mengandung asam klorogenat, yaitu suatu fitonutrisi, yang mendukung metabolisme dan sistem pencernaan. Selain itu terong juga mengandung antosianin yang membantu menurunkan level tekanan darah.

Sayuran yang berwarna ungu ini memiliki skor -3.4 PRAL dari sisi alkalinya. Terong bagus dicampurkan bersama salad atau bisa juga dipanggang dengan menggunakan sedikit ektra minyak zaitun murni.

 

13. Pear

Buah pear rendah kandungan gulanya dan tinggi akan serat. Pear bagus sebagai tambahan lain pada daftar makanan alkali anda dan ia juga sangat cocok dikonsumsi untuk orang yang mengalami ketidakseimbangan gula darah.

Buah pear kaya akan vitamin C yang membantu melindungi sel dari karsinogen alias zat yang dapat menyebabkan kanker. Buah pear memiliki skor alkali sebesar -2.9 PRAL. Anda dapat mengkonsumsi pear sebagai snack buahan sehat atau dijadikan tambahan salad dressing serta bahan untuk membuat smoothies ataupun jus.

 

14. Hazelnut

Hazelnut tinggi kandungan vitamin B dan E, kalsium dan magnesium yang bagus bagi jantung, membantu dalam proses pencernaan, bagus bagi persendian, tulang, kulit, kesehatan ototo, dan membantu dalam memperkecil resiko terkena kanker. 

Hazelnut memiliki skor -2.8 PRAL dari sisi alkalinitasnya. Anda dapat menggunakan kacang hazelnut ini sebagai topping pada kukis, kue, ataupun selai pada roti.

 

15. Nanas

Nanas merupakan sumber yang baik untuk mendapatkan bromelain, yaitu suatu enzim penernaan yang bagus bagi sistem pencernaan serta membantu dalam membunuh parasit di saluran usus.

Nanas memiliki skor alkalinitas sebesar -2.7 PRAL. Nanas dapat dikonsumsi sebagai smoothies atau cemilan buahan yang sehat.

 

Demikianlah, menambahkan makanan yang kaya alkali ini dalam pola diet anda dapat secara signifikan membantu dalam menyeimbangkan level pH tubuh anda. Anda tidak harus membatasi diri dengan list makanan alkali di atas jika anda tahu jenis-jenis buahan atau sayuran lainnya yang juga memiliki sifat alkali yang tinggi.

Jika anda belum menambahkan makanan-makanan yang bersifat alkali ke dalam daftar menu makanan harian anda, tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Selain itu juga jangan lupa untuk minum air alkali Kangen Water setiap hari untuk membantu meningkatkan alkalinitas tubuh secara reguler.

News

Cara Merawat Kecantikan Kulit Menggunakan Beauty Water dari Mesin Kangen Water

Cara Merawat Kecantikan Kulit Menggunakan Beauty Water dari Mesin Kangen Water

perawatan kulit dengan beauty water kangen water 

Beauty water yang dihasilkan oleh mesin Kangen Water dapat membantu menjaga kecantikan kulit dan membuatnya terlihat lebih sehat dan berseri. Berikut adalah beberapa cara merawat kecantikan kulit menggunakan beauty water yang dihasilkan dari mesin Kangen Water:

  1. Membersihkan Wajah. Gunakan beauty water yang dihasilkan oleh mesin Kangen Water untuk membersihkan wajah Anda. Beauty water memiliki pH yang rendah, sehingga dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran dan minyak yang menumpuk dan membuat pori-pori kulit tersumbat. Beauty water juga membantu menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membantu kulit terlihat lebih berseri.

  2. Membuat Masker Wajah. Anda dapat menggunakan beauty water untuk membuat masker wajah yang membantu melembapkan kulit dan membuatnya terlihat lebih sehat. Cukup basahi selembar kapas atau kain dengan beauty water, lalu tempelkan pada wajah selama 10-15 menit. Setelah itu, lepaskan masker dan bilas wajah dengan air bersih. Anda dapat melakukan perawatan ini setiap minggu untuk mendapatkan kulit yang lembut dan bersih.

  3. Membuat Scrub Alami. Beauty water juga dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat scrub alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus dan bersih. Campurkan 1-2 sendok makan garam laut dengan beauty water, lalu aplikasikan pada wajah dengan gerakan melingkar lembut. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih dan aplikasikan pelembap.

  4. Menjaga Kelembapan Kulit. Beauty water dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan. Cukup semprotkan beauty water pada wajah secara teratur untuk menjaga kelembapan kulit dan membuatnya terlihat lebih cerah dan berseri.

  5. Meredakan Iritasi Kulit. Beauty water juga dapat membantu meredakan iritasi kulit seperti jerawat dan gatal-gatal. Cukup basahi selembar kapas dengan beauty water dan tempelkan pada area yang bermasalah. Beauty water membantu mengurangi peradangan dan membuat kulit lebih tenang.

Dalam kesimpulannya, beauty water yang dihasilkan oleh mesin Kangen Water dapat membantu merawat kecantikan kulit dengan cara yang alami dan sehat. Dengan menggunakan beauty water secara teratur, Anda dapat menjaga kulit tetap bersih, lembut, dan sehat, serta mengurangi tanda-tanda penuaan dan iritasi kulit. Jadi, jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan berseri, mulailah menggunakan beauty water yang dihasilkan oleh mesin Kangen Water sekarang juga!

 

PUSAT BANTUAN CEPAT

Butuh informasi cepat mengenai Kangen Water? Silakan hubungi kami pada nomor kontak yang tertera di website ini ataupun melalui whatsapp, kami siap membantu anda.

 

Office Address:

Kangen Water Indonesia
Showroom Mesin Kangen Water
Jl. Jend. Sudirman Kav. 26, Jakarta 12920
Indonesia.

Contact Kangen Water Indonesia

HP/Telp : 0813.5678.6770 

J113
Z187
O 2